Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manfaat Salad Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Salad Untuk Kesehatan - Salad adalah makanan yang sehat dimana terbuat dari campuran sayur dan buah-buahan serta ditambah dengan saus mayones agar lebih nikamt untuk dikonsumsi. Salad buah adalah berupa hidangan atau makanan yang terdiri dari berbagai jenis buah-buahan. Seperti buah stroberi, nanas, melon, semangka, anggur, pisang, kelengkeng dan buah kiwi. Biasanya salad digunakan sebagai hidangan pembuka dan kadang juga digunakan sebagai hidangan penutup.

Makanan salad sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Dimana kandungan makanan salad yang terdiri dari sayuran dan buah mampu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan badan kita berupa vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Manfaat Salad Untuk Kesehatan Tubuh WiwaPedia

Manfaat Salad Untuk Kesehatan Tubuh


Salad Kaya Akan Serat yang Dibutuhkan Tubuh

Tidak bisa kita pungkiri bahwasanya tubuh kita membutuhkan serat guna memaksimalkan sistem kerja metabolisme di dalam tubuh. Kandungan serat yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan juga mampu meningkatkan sistem pencernaan sehingga proses penyerapan makanan yang kita makan dapat dilakukan dengan lebih baik.

Selain itu, yang perlu Anda ketahui adalah dimana makanan yang banyak mengandung serat tinggi dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Dna dapat menghindari diri kita dari konstipasi atau  susah BAB. Seperti yang dikatakan oleh Barbara Rolls, Ph.D bahwa makanan yang kaya akan serat dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama dan dapat menurunkan berat badan.

Salad Mampu Mencukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Tubuh kita membutuhkan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan organ-organ penting dalam tubuh kita. Seperti indra mata, telinga, jantung serta hati. Vitamin serta mineral tersebut bisa Anda peroleh dari semangkok salad yang Anda konsumsi.

Vitamin A, B6, B12 dan C bisa Anda peroleh di dalam salad sayuran dan buah-buahan. Dan itu bagus untuk kesehatan tubuh kita. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin B6 dan B12 berguna untuk membantu menyehatkan proses aliran darah, kulit serta sistem saraf pusat. Selain itu vitamin C berguna untuk meningkatkan sistem imun dan membantu menghadang kanker dalam tubuh.

Salad Dapat Menghindari Penyakit Kanker

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh National Cancer Institute menyebutkan bahwa orang yang memasukkan (mengkonsumsi) banyak sayur dan buah-buahan dalam progam dietnya mempunyai resiko lebih rendah untuk mengidap kanker. Karena kandungan antioksidan (vitamin C, vitamin E, asam folat, lycopene, alpha- dan beta-carotene) mampu membantu menangkal serangan kanker akibat radikal bebas.

Selain itu, vitamin serta mineral alami yagn berasal dari sayuran dan buah-buahan dapat menjadi obat alami dalam menyerang sel-sel kanker dalam tubuh kita. Jenis sayuran dan buah-buahan yang dianjurkan untuk menangkal sel kanker antara lain, buah apel, biji-bijian, tomat, wortel, kale, plum, pear dan aneka buah berry.

Manfaat Salad Dapat Menyehatkan serta Memaksimalkan Fungsi Otak

Otak adalah pusat dari seluruh fungsi dalam tubuh kita. Oleh karena hal tersebut, sangatlah penting agar selalu menjaga kesehatan otak supaya tetap berfungsi prima dan lebih baik.

Dilansir dari The New York Times, za hijau daun yang banyak terdapat dalam sayuran di salad memiliki manfaat untuk meningkatkan kerja sel otak serta menghindari tubuh dari penyakit-penyakit otak seperti demensia, alzheimer maupun kanker otak. Dan inilah beberapa sayuran yang direkomendasikan untuk bahan campuran salad antara lain, bayam, kol dan kale.

Manfaat Salad dapat Menurunkan Kalori dan Membantu Sukseskan Program Diet

Jika Anda mempunyai rencana untuk menurunkan berat badan, maka mengkonsumsi salad bisa Anda masukkan ke dalam daftar menu program diet Anda. Karena dalam salad sayuran banyak sekali mengandung nutrisi serta serta tinggi yang mampu membuat kenyang lebih lama. Serat inilah yang dapat membantu menahan lapar. Sehingga Anda tidak akan tergoda dengan cemilan-cemilan yang banyak mengandung kalori.

Mengkonsumsi salad dalam takran yang pas, dapat digunakan juga untuk mengganti makan utama Anda. Sehingga dapat mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dan akibatnya berat badan bisa turun secara perlahan.

Salad adalah sajian yang terdiri dari sayuran dan buah-buahan yang menyimpan banya sekali nutrisi yang kaya manfaat bagi tubuh kita. Sehingga jika Anda mengkonsumsi setiap hari, akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Cara Membuat Salad Buah Sendiri yang Segar Enak dan Mudah

Dalam membuat salad sendiri banyak sekali keuntungan dan keunikannya. Dimana Anda bisa berkerasi dan memvariasi bahan-bahannya. Bisa memilih sendiri sayuran dan buah-buahan yang ingin Anda jadikan salad.

Nah sebelum membuat salad, Anda harus menentukan terlebih dahulu, apakah akan membuat salad buah, salad sayuran ataukah salad campuran sayur dan buah! Karena ini akan mempengaruhi bahan-bahan yang akan dipersiapkan.

Okey biar Anda tidak bingung, maka wiwapedia akan memberikan contoh cara membuat salad buah dan salad sayurannya. Sehingga Anda bisa mencoba membuat salad yang baik dan sehat untuk kesehatan tubuh di rumah.

Cara Membuat Salad Buah

Manfaat Salad Untuk Kesehatan Tubuh WiwaPedia

Bahan-bahan Salad Buah:
  • Buah Apel segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong dadu
  • Buah Melon segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong dadu
  • Buah Semangka 1 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
  • Buah Mangga segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong dadu
  • Buah Pepaya segar 1 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
  • Buah segar 200 g, belah jadi dua dan buang bijinya
  • Buah Stroberi segar 20 g, belah jadi empat
  • Mayonaise 150 ml dan Keju parut
  • Kental manis vanila 1 kaleng
  • Jeruk nipis (optional sesuai dengan selera)


Cara membuat salad buah sendiri yang menyehatkan

  1. Setelah semua buah sudah dikupas dan dipotong-potong kecil-kecil (sesuai selera).
  2. Setelah itu campurkanlah irisan buah-buahan tadi ke dalam satu wadah (bisa mangkok). Dan masukkan ke dalam kulkas agar lebih segar dan terasa lebih dingin.
  3. Campurkan mayoneise, susu kental manis dan air perasan jeruk nipis.
  4. Keluarkan buah-buahan dari kulkas dan tuangkan saus salad diatas campuran tadi.
  5. Untuk menambah daya tarik bisa taburi dengan parutan keju sesuai dengan selera Anda. Bisa juga Anda tambahi dengan potongan-potongan jelly dan nata de coco.


Cara Membuat Salad Sayur

Manfaat Salad Untuk Kesehatan Tubuh WiwaPedia

Bahan-bahan salad sayuran:
  • Kentang 2 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
  • Wortel 2 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
  • Buncis 10 batang, potong 2 cm
  • Mentimun, potong tipis-tipis
  • Tomat merah 2 buah, buang bijinya, potong dadu
  • Daun selada secukupnya, robek kecil-kecil
  • Jagung manis 2 buah, cuci lalu serut
  • Mayonaise 150 ml
  • Keju parut
  • Kental manis vanila 1 kaleng
  • Jeruk nipis (optional)


Cara membuat salad sayur yang segar

  1. Kukus semua sayur kecuali selada hingga matang.
  2. Setelah matang, dinginkan dahulu semua sayur dengan memasukkannya ke dalam kulkas.
  3. Setelah itu campurkan sayuran dalam satu wadah.
  4. Campurkan mayonaise dan kental manis, air perasan jeruk nipis juga (optional)
  5. Keluarkan buah-buahan dari kulkas.
  6. Tuang saus salad.
  7. Taburi parutan keju sesuai dengan selera Anda.


Cara membuat mayonaise salad buah atau sayur

Manfaat Salad Untuk Kesehatan Tubuh WiwaPedia

Bahan-bahan salad buah dan sayur:
  • Saus mustard 2 sdm
  • Minyak zaitun 300 ml
  • Kuning telur 2 buah
  • Air perasan jeruk nipis 1 sdm
  • Garam 1 sdt


Cara membuat salad campuran buah dan sayur:

  1. Siapkan wadah, masukkan kuning telur dan saus mustard.
  2. Kocok dengan mixer dengan kecepatan rendah atau spatula hingga lembut dan tercampur rata.
  3. Masukkan garam. Kocok lagi.
  4. Tuangkan minyak zaitun sedikit demi sedikit sembari terus dikocok.
  5. Setelah adonan menjadi lembek (agak kaku atau mengental), tuanglah jeruk nipis. Dan kocok lagi.
  6. Jika dirasa terlalu kental, bisa ditambahkan air.
  7. Dan saus mayonaise buatan sendiri untuk salad buah dan sayur telah siap untuk dikonsumsi.

Nah silahkan simak video di bawah ini, tatacara membuat salad yang baik untuk kesehatan tubuh!


Nah inilah artikel tentang manfaat salad untuk kesehatan tubuh kita. Serta cara membuat salad untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Okey segini dulu semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua. Dan jangan lupa share!

Post a Comment for "Manfaat Salad Untuk Kesehatan Tubuh"