Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Calistung? by Wiwapedia

Apa itu calistung? - Calistung adalah suatu model atau metode dasar untuk anak agar dapat mengenal huruf serta bilangan angka. Ketrampilan calistung membaca menulis serta berhitung dapat dikenalkan pada anak mulai usia 5 tahun. Pada usia-usia inilah merupakan usia emas bagi anak dan mudah dalam memberikan stimulus secara maksimal.

Mengapa anak pada usia ini harus diberikan calistung? Karena semua pelajaran yang didapat anak pada usia ini akan berpengaruh terhadap pada kehidupannya ketika usia dewasa besok. Karena kemampuan seseorang dalam memahami dan meresapi apa yang dibaca tergantung kepada pengetahuan sebelumnya yang mereka miliki (baca usia emas anak).

Apa Itu Calistung? by Wiwapedia

Dengan kata lain, kita akan lebih mudah memahami suatu objek yang kita baca ketika kita telah mengetahui sebelumnya. Sehingga ketika akan mengajarkan seorang balita calistung, alangkah baiknya diajarkan terlebih dahulu pengetahuan tentang kata-kata. 

Pengenalan atupun pengajaran bisa melalui indra pendengaran dan penglihatan, kemudian ajarkan mengeja dan membaca selanjutnya menulis. Selanjutnya diharapkan anak sudah mulai memiliki database/sedikit pengetahuan, maka anak akan lebih mudah untuk belajar membaca, menulis dan menghitung. Dan karena calistung merupakan suatu dasar untuk mengenal lebih jauh tentang dunia.

Post a Comment for "Apa Itu Calistung? by Wiwapedia"