Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Print Dokumen Bolak Balik yang Benar

Cara Print Dokumen Bolak Balik yang Benar | wiwapedia.com - Pastinya kita semua sudah tidak asing lagi dengan kata "print". Ya "ngeprint" atau mencetak dokumen pdf pastilah kita semua sudha pernah melakukannya bukan? Entah untuk keperluan administrasi sekolah, adminitrasi guru dan lain-lain. Dan kebanyakan dari kita ketika print dokumen hanya menggunakan satu sisi lembar kertas saja. Dan pakah itu memang auran atau ketidaktahuan kita dalam mensetting bagaimana cara nge-print dokumen pdf atau word dengan kedua sisi lembar kertas.

Oleh karena hal diatas maka kali ini wiwapedia.com akan menjelaskan cara print dokumen pdf atau microsoft word dalam dua sisi (halaman) lembar kertas. Tujuannya agar lebih efisien dan menghemat kertas yang kita pakai.
Cara Print Dokumen Bolak Balik yang Benar | WiwaPedia

Cara Mencetak / Print Dokument Bolak Balik

Sebelum melakukan print dokumen bolak balik sebaiknya Anda ketahui dahulu jenis printer Anda. Disini agar lebih memudahkan dalam settingannya. Dan yang lebih pasti Anda akan mengetahui apakah jenis printer mendukung percetakan duplex (bolak balik) atau tidak.

Cara mengetahui printer bisa digunakan untuk print bolak balik atau tidak


Yang pertama silahkan Anda buka Microsoft Word. Kemudian tekan CTRL + P (atau cari menu print). Dan selanjutnya cara kotak yang mengindikasikan print dua sisi, yaitu Double-Sided, 2-sided atau duplex. Dan pastikan selalu periksa prferensi atau pengaturan dalam menu printer Anda sebelum nge-print dokumen!

Cara Melakukan Print Secara Otomatis

Andai print yang Anda gunakan sudah mendukung program duplex, maka Anda sudah bisa langsung mencetak dokumen secara bolak balik. Karena beberapa jenis alat printer seperti ini sudah menyediakan fitur pengaturan otomatis utnuk mencetak dokumen secara bolak balik. Dan ada juga harus mengaturnya secara manual.

Lihat gambar dibawah ini!

Cara Print Dokumen Bolak Balik yang Benar | WiwaPedia


Cara pengturannnya adalah dengan mencentang menu "Double-side Printing" yang terdapat di bagian bawah pengaturan printer Anda. Sehingga Anda tidak perlu lagi mengatur ulang setiap kali akan nge-print suatu dokumen dan tentu akan hemat waktu.

Print Secara Manual

Nah jika alat printer Anda belum mendukung mencetak duplex, maka ANda harus melakukan print bolak balik secara manual.
Cara Print Dokumen Bolak Balik yang Benar | WiwaPedia

Langkah-langkah setting print bolak balik secara manual
  1. Masuklah pada kotak dialog Print di bawah apliaksi Printer.
  2. Pada menu Print On Both Side, silahkan pilih Yes Flip Over.
  3. Kemudian scrol ke bawah dan pilihlah "Manual Duplex", kemudian simpan pengaturan ANda.
  4. Selanjutnya kembali ke dokumen di Word. Pilih Print (CTRL+P) dan Anda diminta untuk memasukkan halaman yang akan dicetak di sisi lembar kertas selanjutnya.



Selain itu ada juga cara mencetak dokumen bolak balik secara manual.

Caranya yaitu:
  1. Buka dokument Anda pada word office.
  2. Silahkan klik "Print"
  3. Pilihlah opsi "Print Odd Numbered Pages" atau menu dengan kata yang hampir sama. (karena tiap jenis printer berbeda)
  4. Klik "OK" untuk nge-print halaman ini.
  5. Selanjutnya silahkan masukan kertas ke dalam printer.
  6. Kembali ke dokumen Anda di word office dan pilih menu "Print Even Numbered Pages" dan klik "OK" agar segera dokumen dicetak.


Nah sangat mudah bukan cara mencetak bolak balik dokumen pdf atau word. Namun jika Anda masih bingung wiwapedia akan meberikan settingan lagi, supaya Anda benar-benar paham. Silahkan simak tutor cara print dokument bolak balik di bawah ini.

Silahkan buka dokumen yang akan Anda cetak. Lalu silahkan pilih menu Print atau bisa tekan tombol CTRL + P agar muncul tampilan dialog print. Lalu klik "Propertis". Lihat gambar!

Cara Print Dokumen Bolak Balik yang Benar | WiwaPedia

Setelah masuk ke tab manu baru, silahkan klik "Quick Setup" dan pilih additoolnal feature pilih "Duplex Printing" dan klik "OK".

Cara Print Dokumen Bolak Balik yang Benar | WiwaPedia

Selanjutnya alat printer akan mencetak dokumnet secara bolak balik. Yang perlu Anda ketahui adalah proses nge-printnya itu sendiri.

Semisal Anda akan mencetak dokumen dengan jumlah 10 halaman secara bolak balik. Maka printer akan mencetak 5 lembar dahulu (halaman 1,3,5,7 dan 9). Setelah kelima lembar tercetak maka printer akan berhenti dan Anda harus memasukan kembali kertas hasil print tadi. Dan pada layar akan muncul pemberitahuan dan pilih OK agar printer mencetak halaman selanjutnya yaitu halaman 2,4,6,8 dan 10.

Jika masih bingung cara mencetak bolak balik dokumen Anda bisa melihat video di bawah ini.


Nah itulah beberapa cara mudah untuk mencetak dokumen pdf atau word secara bolak balik pada microsoft word menggunakan printer canon.

Sekian dari wiwapedia tentang Cara Print Dokumen Bolak Balik yang Benar. Semoga bermanfaat buat kita semua terutama untuk pegawai operator sekolah, tenaga kependidikan dan tenaga pendidik.

Post a Comment for "Cara Print Dokumen Bolak Balik yang Benar"