Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Sesuai Dengan Tata Bahasa Indonesia


Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar - Kali ini admin wiwa pedia akan membagian sedikit tips menulis surat lamaran serta memberikan contoh membuat surat lamaran serta CV yang baik dan benar. Pada pembahasan berikut ini akan dijelaskan secar lengkap mengenai surat lamaran kerja umu, contoh surat lamaran kerja tulis tangan, contoh surat lamaran kerja menggunakan bahasa Inggris serta surat lamaran kerja di Bank dan jenis surat lamaran kerja lainnya.

Dikarenakan surat lamaran kerja itu sangatlah penting untuk suatu proses menuju keberhasilan. Ibarat melangkah, surat lamaran adalah langkah pertama. Karena dengan surat lamaran kerja Anda, maka tempat perusahaan atau perkantoran tersebut akan menilai bagaimana Anda ke depannya. Oleh karena hal tersebut surat lamran kerja ini sangatlah penting.
10 Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Sesuai Dengan Tata Bahasa Indonesia
Dikarenakan pentingnya sebuah surat lamaran, maka sangatlah dianjurkan jangan sampai salah dalam menulis/membuat surat lamaran kerja. Dan dalam surat lamaran kerja itu terdapat 1 hal yang sangat penting dan tidak boleh terlupakan, yaitu Daftar Riwayat Hidup (CV). Karena CV ini berfungsi sebagai media informasi tentang sejarah/atau catatan perjalanan Anda. Dengan kata lain CV adalah sebuah informasi tentang data diri Anda. Maka pastikan Anda dapat membuat CV dengan baik dan benar, serta sampaikan dengan maksimal tentang diri Anda. Tuliskakn prestasi-prestasi Anda yang layak jual/diperhatikan yang menjadi nilai plus Anda.

Nah agar lebih jelas dalam bagaimana konsep membuat CV yang baik dan benar serta maksimal. Anda bisa baca di Contoh Cara Mambuat CV Lamaran Kerja. Dalam artikel tersebut kan dijelaskan secara runtun apa saja yang harus ditulis dan menggunakan bahasa yang sederhana yang power full.

Beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Hingga Sekolah


Selanjutkan disini kita akan lebih menfokusnya kepembuatan surat lamaran kerja yang baik dan benar, agr lebih menarik. Selain itu disini juga akan diberikan beberapa contoh situs pembuat CV gratis serta website info lowongan kerja terbaik di Indonesia yang berguna untuk tempat refrensi mencari pekerjaan susuai dengan bakat dan minat Anda.

Syarat Surat Lamaran Yang Baik


Dalam membuat surat lamaran kerja, Anda harus memenuhi beberapa syarat lamaran kerja. Karena syarat lamaran kerja juga menjadi perhatian karena merupakan bagian dari surat lamaran kerja itu sendiri.

Selain sebagai syarat lamaran kerja, syarat lamaran kerja juga dapat bermanfaat untuk pendukung serta pelengkap surat lamaran kerja yang kita buat. Dengan begitu nilai surat lamaran kerja kita mempunyai nilai lebih dihadapan HRD.

Adapun syarat lamaran kerha yang wajib ada adalah sebagai berikut:

  1. Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto Copy Ijazah serta Transkip Nilai (Entah itu lulusan SMA/SMK/S1, S2 dan sebagainya).
  3. Pas Foto terbaru ukuran 2x3, 3x4 atau 4x6. (sesuai dengan syarat yang tertera pada pengumuman). 
  4. Foto Copy KTP.
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  6. Kartu Kuning (AK 1).
  7. Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit (Dokter).
  8. Surat Keterangan Kerja (bagi yang pernah bekerja di perusahaan).
  9. Sertifikat Pelatihan/Ketrampilan maupun Sertifikat Prestasi dari akademik maupun non-akademik.


Nah itulah syarat lamaran kerja secara umum. Dan mungkin ada perusahaan yang masih menambahkan beberapa syarat lagi ataupun malah mengurangi persyaratan di atas.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Supaya mampu membuat surat lamaran yang baik dan benar serta menarik. Maka sebaiknya Anda mencari refrensi serta membaca dan mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar di sini. Sehingga dengan begitu ANda dapat menghindari beberapa kesalahan yang tidak diperlukan dalam surat lamaran tersebut.

Tujuan dari mempelajari cara membuat surat lamaran yang baik dan benar adalah supaya surat lamaran yang Anda buat diterima dengan baik dan mempunyai nilai lebih (nilai plus). Dan agar surat lamaran diterima dengan baik, sebaiknya Anda membuatnya sebagus mungkin. Dan oleh karena itu Anda harus mempelajari beberapa hal di bawah ini yang berkaitan dengan surat lamaran kerja.

1. Surat Lamaran Kerja Menggunakan Bahasa Resmi (EYD) dan yang Sopan.

GUnakanlah kata maupun kalimat yang santun sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan. Sehingga setiap kata atau kalimat yang Anda tulis mudah untuk dimengerti dan dipahami. Dan pastinya jangan ada kalimat yang memberikan kesan sombong.

2. Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Jika suatu perusahaan tidak mencantumkan syarat apakah surat lamran ditulis tangan atau diketik? Maka alangkah baiknya surat lamran Anda ditulis tangan, karena itu akan lebih baik. Dengan ditulis tangan maka HRD akakn mampu menilai kepribadian serta sifat Anda. Sehingga usahakan ketika menulis surat lamaran kerja, usahakan Anda dalam keadaan tenang dan tidar tergesa-gesa.

3. Sertifikat Pendukung Surat Lamaran Kerja

Andai Anda mempunyai beberapa sertifikat pelatihan/kursus maupun setifikast prestasi, silahkan dicantumkan. Karena itu akakn memberikan nilai lebih untuk Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Bantul, 10 Maret 2019

Hal: Lamaran Kerja

Kepada Yth:
Kepala Bagian Personalia / HRD
PT. Wiwapedia Sukses Selalu
Jl. Pleret No. 10 Bantul

Dengan Hormat

Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan dari harian Jawa Pos 05 Februari 2019, bahwa PT. Wiwapedia Sukses Selalu sedang membutuhkan pekerjaan tambahan pada bagian Marketing.

Sehubungan dengan hal itu, saya bermaksud melamar pekerjaan yang Baoak/Ibu pimpin. Berikut saya lampirkan profil singkat saya sebagai bahan informasi tentang saya:

Nama :
Tempat dan tanggal lahir:
Pendidikan Akhir:
Alamat:
No HP:
E-mail:
Status Perkawinan:

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai pemasaran produk di PT. Wartablgoku, dengan fokus utama memasarkan prdouk berupa artikel lewat media online. Sebagai bahan pertimabngan, saya lampirkan:


  1. Curriculum Vitae (CV) / Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy ijazah (SMA/SMK, S-1/S-2).
  3. Foto copy KTP dan pas foto terbaru.
  4. Sertifikat pelatihan tentang kewirausahaan.


Informasi di atas meungkin kurang dari cukup untuk menjelaskan lebih detai tentang diri saya. Oleh karena itu saya memiliki harapan besar dapat dipanggil Bpak/Ibu untuk wawancara dan menjelaskan lebih detail serta lengkap tentang diri saya.

Sebagaimana yang tertera dalam daftar riwayat hidup saya, selain latar belakang pendidikan yang mumpuni saya juga memiliki pengalaman yang bagus di bidang pemasaran. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatiannya.

                                                                                             Hormat saya


                                                                                                Wiwa

Nah itulah salah satu contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia (EYD). Selain itu juga sudah sesuai dengan syarat-syarat yang ditetapkan oleh pihak perusahaan ayng di tuju. Karena setiap perusahaan memiliki syarat serta ketentuan masing-masing.

Post a Comment for "10 Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Sesuai Dengan Tata Bahasa Indonesia"