Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Alur dan Mekanisme Penerbitan NUPTK Terbaru

Pada proses penerbitan atau penonaktifan NUPTK para GTK dapat mengetahui serta memantau progres dari proses penerbitan/penonaktifan NUPTK yang dilakukan di setiap simpul operator (sekolah, Disdik, LPMP, dan PDSPK), oleh karena dapat ditelusuri berdasarkan mekanisme yang telah disepakati bersama, baik di lingkungan Kemendikbud, Dinas Pendidikan, maupun Sekolah.

Alur dan Mekanisme Penerbitan dan Penonaktifan serta Reaktivasi NUPTK Terbaru

Berikut ini adalah alur penerbitan penonaktifan dan reaktivasi NUPTK terbaru.



Adapun langkah-langkah penerbitan NUPTK

1. PTK mengajukkan NUPTK ke Satuan Pendidikan dengan melengkapi persyaratan yang diperlukan dalam bentuk file pdf (hasil scan) dan dikompres.

2. Satuan Pendidikan mengajukkan penerbitan NUPTK melalui aplikasi verval PTK dengan melengkapi semua persyaratan yang masih berlaku sesuai dengan apa yang telah ditentukan untuk pengajuan/penerbitan NUPTK.

3. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi menerima pengajuan penerbitan NUPTK dari masing-masing sekolah dalam aplikasi verval PTK dengan melakukan pengecekkan berkas persyaratan tadi, seperti keaslian cap dan tanda tangan, keaslian hasil legalisir (unutk ijazah jika tidak ada scan yang asli), serta masa berlaku berkas. Dan apabila semua peryaratan terpenuhi dan masih berlaku, maka proses pengajuan diteruskan (diapprove/disetujui), dan jika ditolak maka akan dikembalikan.

4. LPMP menerima pengajuan penerbitan NUPTK dan memeriksa kembali seperti pada tahap 3. Dan jika memenuhi maka akan diteruskan ke BPKLN dan BPKLN akan mengkoreksi kembali.

5. PDSPK menerima pengajuan penerbitan NUPTK dari satuan pendidikan yang sudah di-approve oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi dan LPMP/BPKLN melalui verval PTK, dengan memeriksa semua kelengkapan dan masa berlaku berkas, dan kondisi saat ini terdata di Dapodik. Apabila semua persyaratan terpenuhi dan masih berlaku, serta terdata di Dapodik sebagai guru aktif (memiliki rombel), maka pengajuan sah dan NUPTK diterbitkan, kalau tidak sesuai di kembalikan (ditolak). Pengajuan NUPTK yang dilakukan tolak SK di PDSPK tidak melalui mekanisme pengajuan NUPTK dari awal, tetapi satuan pendidikan cukup meng-upload SK yang diminta dan langsung masuk di antrian PDSPK.

NB: setiap penolakan dari masing-masing tingkatan harus dilengkapi dengan catatan yang menunjukan letak kesalahan dan memberikan solusi yang benar dan jelas.

Semoga penjelasan singkat mengenai alur dan mekasnisme penerbitan dan penonaktifan NUPTK ini bermanfaat buat kita semua.

Post a Comment for "Alur dan Mekanisme Penerbitan NUPTK Terbaru"