Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Klaim NUPTK Terbaru 2019 di Vervalptk Data Kemdikbud


Cara meng-klaim NUPTK terbaru di vervalptk | Wiwapedia.com - Kali ini Admin akan memberikan tips atau cara mudah meng-klaim NUPTK terbaru 2019. Sehingga bagi Anda yang sedang mengalami kendala tentang bagaimana cara KLAIM NUPTK terbaru bisa simak penjelasan di bawah ini.

Penerbitan Nomor Unnik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (UNPTK) adalah salah satu bagian dari pengelolaan master refrensi pendidik serta tenaga kependidikan sejalan dengan permendikbubd Nomor 79 Tahun 2015 bahwa penerbitan dan pengelolaan master rfrensi pendidikan merupakan tugas Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).

Adapun Petunjuk pelaksanaan penerbitan NUPTK ini bertujuan untuk memberikan panduan kepada semua pihak yang terlibat supaya memiliki pandangan yang sama dalam memahami peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2018 tentang petunjuk teknis penerbitan NUPTK.

Cara Mudah Klain NUPTK Terbaru 2019 di Vervalptk Data Kemdikbud


Mekanisme Penerbiatan NUPTK yang sudah berjalan hingga saat ini yaitu Operator Sekolah memastikan PTK yang akan diajukan supaya diberikan NUPTK terdata dalam Data Pokok Pendidikan. Selanjutnya Dinas Pendidikan memverifikasi seta menvalidasi dokumen yang dilampirkan pada saat pengajuan NUPTK dari segi legalitas dan keabsahan dokumen yang dilampirkan. Dan kemudian LPMP memastikan kembali kesesuaian dokumen yang dilampirkan, dan PDSPK memverifikasi ulang dokumen yang telah dilampirkan apabila sudah sesuai persyaratan maka akan segera diterbitkan NUPTK.

Proses/Alur Pengajuan NUPTK dan Klaim NUPTK

  1. GTK yang telah memiliki NUPTK tetapi terdaftar sebagai calon penerima NUPTK dapat melakukan proses klain NUPTK. Pastikan NUPTK yang dimiliki tersebut telah terdaftar pada laman http://gtk.data.kemendikbug.go.id/data/status
  2. Operator sekolah memasukkan NUPTK yang diajukan oleh GTK pada kolom yang telah tersedia dan mengirimkan pengajuan klain NUPTK.
  3. Operator PDSPK memeriksa validitas data yang diajukan dan apakah sesuai dengan data arsip atau belum. Andai data valid, maka pengajuan akan diterima. Selanjutnya jika data tidak valid, maka pengajuan ditolak dan diberikan alasannya. Sehingga GTK bisa memperbaiki dokumen nya.
  4. Operator sekolah memberi informasi status pengajuan klain NUPTK ke GTK terkait.
  5. KLAIM NUPTK diajukan oleh operator sekolah masing-masing, selanjutnya membutuhkan persetujuan  (approve) PDSPK.


Syarat-Syarat Klaim NUPTK

  1. NUPTK yang benar dan berlaku. Syarat serta dokumen yang diperlukan untuk lampiran yaitu NUPTK yang diklaim bukanlah milik orang lain.
  2. NUPTK orang yang bersangkutan terdata dalam Dapodik.
  3. Surat Penugasan (dari Dinas Pendidikan bagia satuan pendidikan negeri dan dari yayasan bagi satua pendidikan swasta).
  4. PTK yang pindah tempat tugasnya pada jenjang yang berbeda wajib melampirkan surat penugasan (bagi yang ditempatkan di satuan pendidikan negeri melampirkan Surat Penugasan dari Dinas Pendidikan dan bagi yang ditempatkan di satuan pendidikan swasta melampirkan surat penugasan dari Yayasan.
  5. PTK yang pindah tugas dari satuan pendidikan sawasta wajib melampirkan Surat Penugasan dari Yayasan penerima.
  6. PTK yang pindah tugas dari satuan pendidikan beda yayasan harus melampirkan SD dari Yayasan penerima.
  7. PTK yang pindah tugas dari satuan pendidikan dalam jenjang berbeda dalam satu Yayasan wajib melampirkan SK dari Yayasan penerima.
  8. PTK yang pindah dari satuan pendidikan swasta ke satuan pendidikan negeri harus melampirkan Surat Penugasan dari Dinas Pendidikan.


Nah itulan penjelasan mengenai tata cara KLAIM NUPTK terbaru di http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya :)

Post a Comment for "Cara Mudah Klaim NUPTK Terbaru 2019 di Vervalptk Data Kemdikbud"