Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Bisnis : Tujuan, Fungsi, dan Macam-Macam Bisnis

Apa Itu Bisnis?

Apakah yang dimaksud dengan bisnis? | Wiwapedia.com - Pengertian Bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, kelompok , ataupun organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan/laba/profit. Pada dasarnya, kita akan melakukan bisnis/usaha adalah supaya mendapatkan laba/keuntungan (profit) dari apa yang kita lakukan.
Pengertian Bisnis : Tujuan, Fungsi, dan Macam-Macam Bisnis

Sebenarnya tidak terbatas dari pengertian di atas, bisnis masih mempunyai beberapa fungsi yaitu:

  • Mengubah bentuknya (fotm utility), yang tidak berbeda dari fungsi produksi.
  • Memindahkan tempat produk tersebut )place utility) atau fungsi distribusi.
  • Mengubah kepemilikan (possesive utility), yakni fungsi penjualan.
  • Menunda waktu kegunaan (time utility) atau fungsi pemasaran.

Sementara itu Steinhoff berpendapat bahwa bisnis mempunyai tiga fungsi utama, yakni:

  • Mencari bahan mentah (acquiring raw material).
  • mengubah bahan mentah menjadi barang jadi (mnufacturing raw meterials into product).
  • Menyalurkan barang yang sudah jadi tersebut ketangan konsumen (distributing product to consumers).
Setelah Anda membaca tentang pengertian bisnis, bisnis dilakukan oleh perorangan, sekolompok orang maupun organisasi. Maka admin wiwa pedia akan menjelaskan tentang siapa saja yang dapat melakukan bisnis atau biasa disebut dengan dasar kepemilikan bisnis. Pada umumnya dasar kepemilikan mencakup:
  1. Perusahaan perorangan yaitu perusahaan yang dimiliki oleh seorang yang langsung memimpin perusahaan tersebut.
  2. Persekutuan yaitu mendapatkan bagian serta mengambil bagian serta memberikan bagian secara bersama-sama dalam suatu atau seseorang.
  3. Perseroan adalah suatu bisnis yang dimiliki oleh beberapa orang serta diawasi oleh direktur.
  4. Koperasi adalah bidang usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas atas kekeluargaan.


Macam - Macam Bisnis Berdasarkan Jenis Aktivitasnya

Ada banyak macam dan jenis bisnis yang kita ketahui berdasarkan jenis aktivitasnya yaitu:

  1. Bisnis Manufaktur adalah suatu proses pengelohan barang non jasa yang bersifat fisik, kata manufaktur berasal dari bahasa latin, yaitu "manus faktus" yang mempunyai arti dibuat atau diolah mengggunakan tangan. Sebagai contoh bisnis manufaktur adalah pabrik pembuatan batu bata dan tempe.
  2. Bisnis Jasa adalah setiap tindakan/kegiatan kinerja yang ditawarkan oleh suatu pihak ke pihak lain yang secara prinsip tidak berwujud serta tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan, produksi jasa dapat terikat atau tidak terikat pada suatu produk fisik. Sebagai contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
  3. Bisnis Pengecer dan Distributor adalah pihak yang mempunyai peran sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi konsumen adalah distributor dan konsumen. Sebagai contoh toko waralaba.
  4. Bisnis Pertanian dan Pertambangan adalah suatu bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, semisal tanaman dan barang tambang seperti minyak bumi dan batu bara.
  5. Bisnis Utilitas adalah suatu bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air serta biasanya didanai oleh pemerintah.
  6. Bisnis Transportasi adalah suatu bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang individu dari sebuah lokasi A ke lokasi lainnya. Contohnya bisnis travel.


Hal diatas adalah jenis bisnis berdasarkan aktivitasnya. Selanjutknya masih kita bahas mengenai jenis-jenis bisnis lain yang kita ketahui antara lain:

  • Bisnis Monopsoni yaitu keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar komoditas. Sebagai contoh yaitu hanya ada satu perusahaan yang menangani kereta api di Indonesia yaitu PT.KAI.
  • Bisnis Monopoli adalah suatu bentuk papsar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai suatu pasar (bisa dikatakan 1 penjual tetapi pembeli banyak). Sehingga yang menentukan harga di pasar tersebut adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".
  • Bisnis Oligopoli adalah suatu pasar dimana penawaran setu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan (beberapa penjual namun banyak pembeli). Pada umumnya jumlah perusahaan yang berasa di pasar ini lebih dari dua dan kurang dari sepuluh.
  • Bisnis Oligopsi adalah suatu keadaan dimana dua tau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang/jasa dalam suatu pasar komoditas (dengan beberapa pembeli tetapi banyak penjual)


Nah itulah pembahasan mengenai apa itu bisnis, tujuan dan macam-macam bisnis. Semoga bermanfaat.


https://japandiadam.wordpress.com/2012/09/29/apakah-yang-dimaksud-dengan-bisnis/

Post a Comment for "Pengertian Bisnis : Tujuan, Fungsi, dan Macam-Macam Bisnis"