Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penjelasan Juknis Bantuan Kerjasama Kelembagaan PAUD Tahun 2019


Download juknis bantuan kerjasama kelembagaan PAUD Tahun 2019 | Wiwapedia.com - Peraturan Dirjen PAUD Nomor 40 Tahun 2019 telah diterbitkan dalam rangka peningkatan akses serta kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Ini dipandang diperlukan sebauh kerjasama antar kelembagaan PAUD diantara para pemangku kepentingan pemerintah, pemerintah daerah serta masyarakat.

Penjelasan/petunjuk teknis bantuan kerjasama kelembagaan Pendidikan Anak Usai Dini Tahun 2019, sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat ini.
Penjelasan Juknis Bantuan Kerjasama Kelembagaan PAUD Tahun 2019
Aktivitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkualitas saat ini menjadi fokus guna mendukung lahirnya generaasi emas bangsa dan telah menjadi komitmen internasional. Pada komunitas Internasional, Indonesi dituntut dapat memenuhi tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs), yakni "Pendidikan Inklusif, Adil dan bermutu yang dapat meningkatkan kemampuan belajar sepanjang hayat". Dilihat dari pemenuhan target SDGs ini menunjukkan komitmen tinggi pemerintah tentang pentingnya PAUD.

Juknis Bantuan Kerjasama Kelembagaan PAUD Tahun 2019


Dalam rangka untuk lebih meningkatkan dan memajukkan akses serta kualitas PAUD, maka dipandang perlu kerja sama antar kelembagaan PAUD serta para pemangku kepentingan pemerintah dan masyarakat. Oleh karena hal tersebut, maka Pemerintah memberikan bantuan kerja sama kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tahun 2019. Selanjutnya disebut Bantuan Kerjasama Kelembagaan Pendidikan Anak Usia DIni PAUD Tahun 2019.

Tujuan dan Petunjuk Teknis

  1. Dapat digunakan sebagai acuan Direktorat Pembinaan PAUD dalam menetapkan lembaga/organisasi penerima bantuan Kerja Sama Kelembagaan PAUD Tahun 2019.
  2. Sebagai acuan bagi dinas pendidikan setempat dalam rangka memberikan rekomendasi kepada lembaga/organisasi MItra PAUD calon penerima bantuan Kerja sama Kelembagaan PAUD Tahun 2019.
  3. Sebagai acuan untuk lembaga/organisasi Mitra PAUD penerima bantuan kerjasama kelembagaan PAUD Tahun 2019 guna mengertahui prosedur dalam pengajuan, penyaluran serta pertanggungjawaban bantuan dari pemerintah.


Pengertian Bantuan Kerjasama Kelembagaan PAUD

  • Bantuan kerjasama kelembagaan PAUD 2019 merupakan bantuan pemerintah yang diberikan kepada lembaga/organisasi Mitra PAUD dalam rangka mendukung peningkatan kapasitas PAUD yang leih berkualitas.
  • Lembaga/organisasi mita PAUD merupakan lembaga/organisasi yang telah memiliki kepedulian dalam rangka pembinaan, pengembangan serta penyelenggaraan di bidang #pendidikan anak usia dini #PAUD baik ditingkat daerah maupun nasional.


Tujuan Bantuan Kerjasama Kelembagaan PAUD

  1. Meningkatkan akses serta mutu PAUD dalam rangka mendukung peningkatan kapasitas layanan PAUD yang lebih berkualitas.
  2. Meningatkan dukukngan serta partisipasi lembaga/organisasi mtra PAUD dalam peningkatan layanan PAUD berkualitas.
  3. Menignkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya layanan PAUD yang berkualitas.


Sasaran Penerima Bantuan Kerjasama Kelembagaan PAUD

Bantuan ini diberikan kepada lembaga/organisasi mitra PAUD yang telah memenuhi semua persyaratan sebagaimana ditetapkan dalam pentunjuk teknis ini.

Persyaratan Penerima Bantuan Kelembagaan PAUD 2019

Kreteria serta persyaratan calon penerima bantuan kerjasama kelembagaan PAUD 2019 yaitu:

a. Kriteria

Lembaga/organisasi Mitra yang membidangi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

b. Persyaratan calon penerima bantuan kerjasama kelembagaan terdiri dari:

  1. Lembaga/organisasi mengajukkan proposal yang berisi alasan permohonan serta Rencana Anggaran Biaya (RAB).
  2. Melampirkan fotokopi akta notaris.
  3. Melampirkan fotokopi kepengurusan dan struktur lembaga atau organisasi.
  4. Melampirkan fotokopi NPWP atas nama lembaga atau organisasi.
  5. Melampirkan fotokopi Nomor Rekening Bank atas anma lembaga atau organisasi.
  6. Melampirkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutalk (SPTJM) sebelum menerima bantuan.
  7. Melampirkan Pakta Intergritas Anti Kolusi, Korupsi dan Nepotisme sebelum memperoleh bantuan.
  8. Melampirkan Surat Penyataan tanggung Jawab Belajar (SPTB) setelah menerima dan menggunakan bantuan.


Bentuk Bantuan Kerjasama Kelembagaan PAUD

Bantuan diserahkan/diberikan dalam bentuk uang berdasarkan pengajuan yang dituangkan dalam rencana anggaran belanja (RAB) yang telah dinilai oleh tim penilai dan disetujui oleh PPK yang dituangkan dalam akad kerjsama.

Penggunaan Dana Bantuan Kerjasama Kelembagaan Usia Dini

Alokasi dana bantuna kerja sama Kelembagaan PAUD 2019 sebesar Rp 2.800.000.000,- (dua milyar delapan ratus juta rupiah) untuk 40 paket dimana masing-masing paket sebesar Rp 70.000.000,- (tujuh puluh juta rupiah) perpaketnya.

Larangan Penggunaan Dana Bantuan PAUD 2019

  1. Disimpan dengan maksud mendapatkan bunga.
  2. Dipinjamkan kepada pihak lain.
  3. Pembiayaan untuk kegiatan di luar Rencana Anggaran Biaya (RAB).
  4. Pembelian barang di luar RAB.


Nah itulah penjelasan singkat tentang Juknis Bantuan Kerjasama Kelembagaan PAUD 2019 yang dapat Admin wiwa pedia jelaskan. Semoga daat memberikan sedikit pemahaman buat Anda. Dan jika ingin leih lengkap dan jelasnya bisa download file PDF nya pada link download Juknis Bantuan Kerjasam Kelembgaan PAUD Tahun 2019.

Post a Comment for "Penjelasan Juknis Bantuan Kerjasama Kelembagaan PAUD Tahun 2019"