Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Mengatasi Tantrum Pada Anak

Pada kesempatan kali ini Admin akan membahas mengenai "Cara mudah mengatasi tantrum pada anak dengan benar". Atau cara menangani anak yang suka mengamuk. Ada beberapa terapi (overcoming temper) yang dirancang khusus untuk membantu para orang tua guna mengatasi temper tantrum pada anak. Sehingga anak temper tantrum akan menjadi lebih tenang, ceria, bahagia serta dapat mencegah dan menghindarkan anak dari perasaan dan gangguan temper tantrum tadi. Dengan begitu dapat membuat kita lebih bijak dalam mengatasi anak yang mengalami tantrum.

Cara mengatasi anak yang mudah marah-marah, mengamuk ataupun suka membanting-banting barang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena jika kita salah metode (penanganan) maka dampak buruk yang akan kita peroleh, sepeti mental anak menjadi penakut, membangkang dan lain-lain. Namun jika Anda sudah mengenal dan memahami si kecil dengan baik, maka anda  pasti sudah paham cara tepat atasi anak temper tantrum tersebut.

Cara Mudah Mengatasi Tantrum Pada Anak
Anak mengalami tantrum

Pada anak seperti diatas, mereka sedang mengalami tantrum (temper tantrum). Dimana biasanya terjadi pada anak usia 1 sampai 4 tahun.

Sehingga jika ada yang mengatakan ketika anak mengalami tantrum adalah hal yang umum, namun kita sebagai orang tua wajib belajar cara menghentikan tantrum tersebut dengan cara yang baik. Sehingga ketika si kecil mengamuk di tengah keramaian (mall, pusat perbelanjaan) Anda tidak akan risih atau malu karna Anda dapat menenangkan anak dengan cara yang benar.

Cara Sederhana Mengatasi Tantrum pada Anak

Sebelum kita membahas lebih jauh bagaimana cara menghilangkan/mengatasi tantrum pada anak. Kita wajib paham dahulu apa yang menyebabkan tantrum pada anak. Karena tidak logis kan, kita mau menyelesaikan masalah, tapi kita tidak paham penyebab masalah itu tejadi. Maka sebaiknya baca artikel ini sampai selesai, dikarena terdapat tips mengatasi anak yang tantrum!

Padahal jika kita mengetahui awal mula (penyebab) tantrum pada anak. Maka kita akan bisa melakukan antisipasi terlebih dahulu. Dan jikapun tidak kita akan lebih tenang dan tidak ikut emosi dikarenakan tingkah laku yang kelewatan dari anak yang mengalami tantrum tersebut.

Penyebab Emosi Tantrum Anak

Frustasi anak

Secara umum, tantrum merupakan suatu ekspresi Frustasi si kecil. Anak mengalami frustasi dikarenakan ketidakmampuan mereka untuk melakukan suatu aktivitas yang sedang mereka coba. Seperti tengkurep, mengambil benda diatas meja, membuka mainan atau karna keinginannya tidak bisa terpenuhi.

Kurang bisa mengontrol kehidupannya

Tantrun jga bisa terjadi dikarenakan si anak kurang bisa mengontrol kehidupannya, seperti ingin terus bermain tetapi sama orang tua disuruh tidur, ingin permen atau hujan-hujanan tapi tidak dituruti.

Kurangnya perhatian

Terkadang tantrum pada anak disebabkan karna kurangnya perhatian dari orang tua atau orang dewasa disekitarnya. Sehingga ia mencoba caper (cari perhatian) dengan cara yang salah, seperti mengamuk, marah-marah, membentak. Dimana itu semua yang disebut tantrum (jika dilakukan secara berlebihan).

Kesalahan orang tua

Ketika anak mengalami tantrum, biasanya para orang tua selalu menuruti/mengabulkan keinginan anaknya. Jika hal tersebut sering dilakukan, maka anak Anda akan belajar dan melakukan kebiasaan tantrum. Karena dengan tantrum anak mengetahui bahwa dengan cara tersebut maka keinginannya akan dipenuhi oleh kedua orang tuanya. Dan hal itu menjadi kesalahan fatal dalam mendidik anak.

Oleh karenanya, kenapa orang tua wajib belajar ilmu parenting anak. Karena di dalamnya juga ada tips cara mengabaikan tantrum pada anak supaya amukan, bentakan anak mereda dengan sendirinya.

Yang pasti Anda wajib selalu mengawasi serta segera mengambil tindakan jika si anak melakukan hal yang berisiko ketika sedang tantrum.

Contohnya ketika anak tantrum atau mengamuk anak berlari ke jalan raya, atau menyakiti diri sendiri bisa juga membahayakan orang lain.

Cara Mudah Mengatasi atau Meredakan Tantrum pada Anak

Supaya orang tua mampu mengatasi tantrum pada anak, maka yang paling utama adalah tunjukkan bahwa Anda benar-benar mencintai dan menyayanginya. Selain itu ada beberapa hal berikut yang harus Anda lakukan supaya dapat meredakan/menghilangkan tantrum pada anak.

Anda harus tenang

Jika anak sedang mengalami tantrum, sebagai orang tua tidak boleh terjebak dan ikut emosi atau marah-marah. Anda wajib bersikap tenang dan senyum mengembang untuk anak Anda.

Alihkan perhatiannya

Carilah pengalihan ke hal lain. Kita harus mampu memanfaatkan sifat anak-anak dimana ia mudah melupakan sesuatu dan cepat tertarik pada hal baru.

Ketika anak tantrum, Anda bisa mengalihkan emosi anak ke mainan atau diajak jalan-jalan di lingkungan sekitar rumah. Dengan begitu Anda telah membuat lupa dengan tantrumnya.

Berbicara lembut dengan anak

Ketika anak lebih agresif dan marah-marah, selalu usahakan bicaralah dengan lembut kepadanya. Supaya anak tidak tersinggung dan merasa disayangi. Anda juga bisa bernegoisasi dengan anak, semisal jika anak bisa tenang, maka akan Anda belikan es krim. Namun hal bernogoisasi ini jangan sering dilalukan.

Bersikap tegas

Jika anak menjadi tantrum karena menginginkan sesuatu hal, namun Anda menolaknya. Maka tolaklah dengan sikap yang tegas. Dengan begitu anak tidak ada kesempatan untuk mencoba membujuk Anda dengan cara mengamuk atau berteriak-teriak.

Namun jika Anda tidak tegas dan berubah mengabulkan keinginan anak setelah anak mengamuk. Hal ini adalah kesalahan besar. Karena Anda telah mengajarkan bahwa anak dapat mendapatkan apa yang diinginkan dengan cara ini (mengamuk/tantrum).

Jangan beradu argumentasi

Tidak usah dicoba Anda melakukan adu argumentasi dengan anak yang sedang mengalami tantrum. Karena hal itu hanya akan memperparah tantrum anak tersebut.

Maka tunggulah ketika tantrum sudah mulai mereda dan berakhir, barulah buat anak Anda senang terlebih dahulu. Baru ajaklah bicara dan jelaskan bahwa apa yang barusan dilakukan itu salah dan tidak bisa diterima.


Nah itulah pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi tantrum pada anak dengan hal yang sederhana. Cara inipun masih cocok digunakan untuk mengatasi tantrum anak usia dini 1-5 tahun. Semooga bermanfaat buat kita semua.

Terimakasih sudah mampir ke wiwapedia dan jangan lupa share artikel ini ya :)

Post a Comment for "Cara Mudah Mengatasi Tantrum Pada Anak"