Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menambah Berat Badan Bayi Baru Lahir dengan Cepat

Tips menaikkan berat badan bayi | Wiwapedia.com - Setelah Bunda menjalani proses kehamilan selama 9 bulan dan sudah melakukan persalinan, kini saatnya Bunda faokus terhadap sang bayi yang baru lahir tersebut. Apalagi jika Dokter Anda mengatakan, bahwa berat badan bayi kurang, alaias dibawah berat badan normal (seharusnya). Pastinya Bunda akan bertanya bagaimana cara merawat bayi yang baru lahir tersebut supaya lekas gemuk? (mempunyai berat badan normal).

Jika Bunda mengalami hal demikian, Bunda tidak perlu panik. Karena disini Admin wiwa pedia akan memberikan beberapa panduan atau cara merawat sang bayi bayu lahir supaya cepat gemuk atau mendapatkan berat yang ideal.

Cara Menambah Berat Badan Bayi Baru Lahir dengan Cepat
Bayi ditimbang

Cara Menambah Berat Badan Bayi


Berikan minum ASI

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memberinya Air Susu Ibu (ASI). Karena ASI adalah sumber makanan alami dan sangat bagus untuk perkembangan serta kesehatan bayi.

Tips menyusui bayi baru lahir

  • Pastikan Bunda ketika menyusui sesuai dengan jadawal saat bayi merasa lapar. Dan usahakan menyusuinya secara langsung.
  • Jika Bunda mengalami masalah dalam menyusui, silahkan konsultasikan dengan dokter Anda.
  • Jika bayi masih susah menyusi langsung, Bunda bisa memompa ASI ddan memasukkan ke botol (dot) yang sudah disterilkan.
  • Usahakan dan jangan biarkakn bayi menangis karena kelaparan.
  • Dan jika Bunda mengalami infeksi puting (mastitis), segeralah ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang benar (segera diobati). Supaya bayi mau menyusu dan berat badan tidak akan turun.


Perhatikan waktu tidur bayi

Secara umum, aktivitas harian bayi adalah makan dan tidur, pup, pipis dan menangis. Makan dan tidur ini adalah merupakan dua hal yang dapat mempengaruhi berat badan bayi Bunda dengan sempurna. Maka dari itu Bunda harus mampu mengetahui pola tidur si bayi.

Berikut ini ada tips yang bisa bunda lakukan:

  • Ikutilah pola tidur bayi 16 jam perhari. Nah disini Bunda tetap harus memperhatikan jam minum bayi. Jam minum bayi adalah setiap 2 jam sekali. Supaya bayi tidak kelaparan.
  • Sedikan tempat tidur bayi yang nyaman dan bersih.
  • Pastikan kembali tempat tidru bayi aman dari benda berbahaya.


Segera tenangkakn bayi ketika menangis

Perlu kita ingat, bahwa bayi yang mudah dan sering menangis (merengek) cenderung sudah naik berat badannya. Karena tangisan bayi juga bisa sebagai petunjuk bahwa dia kelaparan dan kurang tidur.

Lalu bagaimana cara mudah menenangkan bayi yang menangis?

Berikut ini ada sedikit tips yang bisa Anda coba, jika sang bayi menangis.
  • Ketika bayi menangis terus menerus (sering), padahal bayi sudah diberi ASI ataupun sudah diganti dengan popok yang baru. Maka coba bendong si bayi, ini akan membuat si bayi tenang dan berhenti menangis.
  • Jika sang bayi masih terus menerus menangis, cobalah Anda peluk dekatkan ke dada serta usap lembut tubuhnya. Dengan cara ini, akan membuat bayi tenang.


Jaga kebersihan kulit dan kuku bayi

Mengapa Anda harus membersihkan kulit (badan) dan kuku bayi? Karena biasanya juga bayi menangis dikarenakan badannya kotor (lembab dan berkeringat). Maka perawatan kulit sangat penting supaya bayi dapat tidur dengan nyenyak.

Nah berikut ini tips merawat kulit bayi baru lahir:

  • Pilihlah pakaian serta selimut bayi yang nyaman dan bersih.
  • Pilihlah bahan pakaian yang dari bahan katun.
  • Mandikan secara teratur, supaya kulit tidak kering, tidak lembab dan tidak mudah kena penyakit kulit.
  • Hindarilah menggunakan produk perawatan bayi secara berlebihan, karena dapat menyebabkan iritasi dan infeksi.

Selain hal di atas, Bunda dan Ayah wajib bahu membahu dalam mengurus sang bayi dan menjadi hubungan selalu harmonis. Sehingga akan dapat membesarkan bayi dengan sehat dan tentunya berat badannya bertambah sesuai dengan usianya.

Post a Comment for "Cara Menambah Berat Badan Bayi Baru Lahir dengan Cepat"