Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menidurkan Bayi Usia 0 Bulan Sampai 1 Tahun

Para orang tua baru harus tahu bagaimana cara cepat menidurkan bayi, apalagi di malam hari. Hal ini perlu Anda pelajari, supaya bayi tidak rewel dikarenakan tak kunjung terlelap sampai akhirnya mengganggu waktu istirahat semua orang yang ada di rumah. Oleh karena itu Admin wiwapedia akan sedikit mengulas tentang cara menidurkan bayi yang relatif efektif dan cepat di bawah ini.

Perlu Anda ketahui dahulu, bahwa bayi baru lahir waktu tidurnya antar 16 hingga 17 jam perharinya. Namun mereka biasanya aakn terbangun 2 sampai 4 jam untuk tiap tidur siang ataupun malam harinya. Dan hal ini berlangsung selama beberapa minggu sejak kelahirannya. Pada bayi berusia 6 hingga 8 minggu, mereka akan mulai tidur untuk waktu yang lebih sedikit (singkat) di siang hari dan waktu lebih lama pada malam harinya.
Cara Menidurkan Bayi Usia 0 Bulan Sampai 1 Tahun
Perlu Anda pahami juga, bahwa bayi membutuhkan waktu lama guna mengentahui perbedaan waktu antara siang dan malam. Oleh karena hal tersebut ayah dan ibu muda membutuhkan strategi bagaiman cara menidurkan bayi dengan cepat pada malam harinya. Dengan melatih sang bayi untuk membiasakan tidur malam hari sejak awal, supaya bayi terbiasa dengan waktu tidur yang normal.

Tips Cara Cepat Menidurkan Bayi


Berikut ini adalah cara menidurkan bayi dengan mudah dan cepat terlelap:

1. Bunyikan Suara White Noise


Jika si bayi sering terbangun dikarenakan suara kecil, seperti suara membuka dan menutup pintu atau suara membuka plastik makanan. Maka bunyikanlah musik  atau suara #white noise.

Apa itu white noise? White noise adalah sejenis musik atau suara yang mengkombinasikan berbagai suara dari berbagai frekuensi (Instrumen Music Tidur, Santai, Spa, Meditasi, Healing, Membaca, Belajar, Relaxasi). Bisa juga digunakan untuk lagu menidurkan bayi yang sedang rewel.

Cara kerja musik white noise yaitu dapat menutupi suara lain. Dan manfaatnya dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak pada siang atau malam hari, tanpa terganggu oleh suara orang berbicara (ngobrol), suara pintu ataupun suara kendaraan. Sehingga white noise cocok untuk digunakan sebagai musik menidurkan bayi.

Contoh musik white noise sangat banyak sekali di #youtube. Anda bisa langsung ketikkan dengan kata kunci musik #white noise atau musik pengantar tidur bayi. Nanti akan muncul banyak pilihan, silahkan pilih salah satu.

2. Beri Makan Bayi Tepat Waktu


Cara menidurkan bayi yang rewel salah satunya dengan memberi makan bayi tepat waktu. Karena jika bayi merasa lapar, ia akan menangis (rewel). Oleh karena itu berikanlah makan pada waktu yang pas supaya bayi dapat tidur dengan nyenyak dan tidak mudah terbangun karena kelaparan.

Waktu makan malam (menyusui) bayi yaitu 30 menit sebelum waktu tidur bayi. Sehingga Anda sebagai orang tua wajiib mengetahui waktu tidur bayi Anda jam berapa. Jika bayi biasa tidur pada jam 20.00 maka jam 19.30 sudah waktu makan malamnya.

3. Biasankan Bayi Tidur dengan Jadwal yang Sama


Buatlah jadwal dan ajarilah bayi untuk tidur tepat waktu. Caranya adalah dengan membuat jadwal atau rutinitas tidur yang konsisten (teratur) untuk bayi, supaya si kecil dapat tidur lebih lama.

Sang bayi lebih menyukai pola atau rutinitas yang konsisten, dengan memberikan sinyal atau tanda yang tepat pada bayi, maka dapat membantunya tidur lebih tepat waktu.

Sebagi contoh bunda memberikan sinyal atau tanda menyalakan lampu tidur setelah memberikan makan atau ASI kepada sang bayi. Maka segeralah ajak atau tidurkan bayi. Dengan begitu bayi akan mulai berlajar mengikuti pola tidur tersebut.

Atau jika ingin memberikan kondisi rutinitas tidur bayi yang nyaman adalah dengan melakukan pijatan ringan, lalu mandikan dengan air hangat. Selanjutnya gantialah pakaian dengan yang bersih. Terakhir bunyikan musik white noise atau musik yang lembut dan berika pelukan hangat pada si bayi. Terbukti pelukan dapat membantu bayi jadi lebih tenang.

4. Nyalakan Lampu Tidur


Bayi itu sama seperti orang dewasa, dimana susah tidur di ruangan yang lampunya terang benderang. Oleh itu bunda bisa mengganti dengan menyalakan lampu tidur ataupun malam mematikan lampu sekalian.

Dengan menggunakan lampu yang redup atau mematikan lampu, kita sudah mengajari bayi untuk mengenal perbedaan siang dan malam hari.

5. Segera Tidurkan saat Bayi Mulai Mengantuk


Kesalah terbanyak para orang tua ketika menidurkan bayi adalah dengan menimangnya hingga terlelap, lalu secara hati-hati meletakkan bayi ke tempat tidurnya. Hal ini dapat menyebabkan bayi mudah terbangun pada malam hari dan susah untuk tidur lagi. Loh kok bisa? Ya!, Karena buah hati tidak terbiasa untuk memulai tidur sendiri setelah terbangun tanpa ditimang terlebih dahulu.

Supaya bayi dapat tidur terlelap, segera letakkan bayi pada tempat tidurnya ketika ia mulai terlihat mengantuk. Hal tersebut pasti terlihat konyol dan orang tua kayak tidak punya perasaan. Tapi dengan cara inilah si kecil bisa memiliki kemampuan untuk tidur sendiri tanpa harus dibantu oleh orang tuanya (orang lain).

Namun cara membuat bayi tidur sendiri dengan cara di atas, biasanya membutuhkan waktu seminggu hingga dua minggu supaya bayi terbiasa. Dan perlu diingat, selalu bersihkan tempat tidur bayi dan gunakan selimut yang lembut supaya bayi tidur lebih nyaman.

6. Aturlah Aktivitas Bayi di Siang


Bayi yang aktif pada siang hari akan meningkatkan kualitas tidurnya pada malam hari. Oleh karena itu Anda wajib memastikan bahwa bayi bermain aktif, namun tidak kelelahan karena bermain. Karena jika kelelahan  malah membuat si kecil susah untuk beristirahat (tidur) pada malam harinya.

Meski bayi butuh aktivitas lebih pada siang hari, namun bayi tetap membutuhkan waktu tidur meski hanya sebentar saja. Dua hingga tiga kali tidur siang dengan durasi pendek antara 20-30 menit sudah bagus (ideal) untuk bayi. Dan usahakan tidur pada sore hari jangan terlalu dekat dengan waktu tidur malamnya.

7. Samakan Jam Tidur Ibu dengan Bayi


Cara cepat menidurkan bayi pada malam hari lainnya adalah dengan mengatur waktu tidur ibu supaya sama dengan bayi. Usahakan Ibu dapat memilih waktu tidur yang pas dengan bayinya setiap malamnya.

Jika diperlukan semua orang rumah juga ikut menyesuaikannya, supaya dapat tecipta suasana yang senyap seolah-olah semua telah tertidur. Hal terpenting (intinya) agar sang bayi tidak tergangy dengan suara-suara apapun yang dapat membuatnya terbangun dan sulit untuk tidur kembali.

8. Gunakan Empeng atau Dot Bayi


Anda bisa menggunakan Dot bayi (empeng bayi) sebagai alternatif menimang bayi supaya tertidur. Gerakan periodik pada mulut bayi ketika menggunakan empeng bisa membantu bayi lebih tenang, alhasil bayi cepat tidur.

Jika Anda menggunakan empeng (dot bayi) wajib mencuci dan mensterilkan empeng setiap harinya. Ini berguna untuk emncegah kuman yang menempel pada ujung dot bayi.

9. Ranjang Terpisah


Usahakan tempat tidur bayi terpisah dengan orang tua. Karena hal dapat membuat si buah hati tidak pernah berlajar untuk tidur sendirian.

Jika Anda tidur disamping bayi dan terlihat membuat nyaman si bayi itu salah sebenarnya salah. Karena kondisi tersebut malah membuat bayi susah tidur sendiri.

Dan jika Ibu menyusui bayi sambil berbaring di tempat  tidur, andai ibu ketiduran maka dapat menyebabkan hidung bayi tertutup dengan payudara dan berakibat fatal.

Oleh karena itu American Academy of Pediatrics (AAP), telah merekomendasikan supaya bayi tidur dikamar yang sama dengan orang tua. Tetapi beda tempat tidur supaya dapat memastikan keselamatan bayi. Dengan begitu orang tua juga lebih dekat dengan si buah hati meski tetap menjaga jarat tempat tidurnya.

10. Aturlah Suhu Ruangan


Suhu kamar yang dieal untuk bayi tidur adalah berada diangka 21-22 derajat celcius dengan kelembaban relatif sekitar 50 persen.

Dan jika bayi telihat berkeringat, segera dilap atau dibersihkan, atau juga bisa dengan melapisi handuk lembut supaya dapat menyerap keringat dan membuat kulit bayi tidak lembab. Jika bayi merasa kedinginan, maka tambahlah selimut supaya aia kembali tidur dengan lelap.

Dan jangan pernah meletakkan bayi dalam kondisi tubuh hangat (semisal setelah dijemur) di tempat tidur yang dingin atau membawa bayi keruangan yang dingin. Karena bayi tidak suka dengan perubahan suhu yang instan dan malah membuat si kecil menjadi kesal dan rewel.

Tips Tambahan untuk Menidurkan Bayi dengan Baik


Berikut ada beberapa tips lain yang bisa Anda coba guna membantu bayi cepat tidur lelap dan lama:

  • Setiap bayi itu berbeda-beda, sehingga cara menidurkan bayi di atas ada yang efektif dan tidak. Sehingga Anda wajib menyesuaikan dengan bayi Anda. Dan mengerti kemauan bayi Anda ingin bagaimana.
  • Untuk mengubah pola tidur bayi dibutuhkan waktu sekitar 3-4 minggu.
  • Ketika bayi terbangun dimalam hari, tidak usah buru-buru untuk menengok. Karena biasanya bayi ketika terbangun akan rewel dan merengek, kemudian kembali tidur dengan sendirinya.
  • Usahakan tempat tidru bayi terbebas dari mainan, dot atau barang-barang lain yang bisa mengganggu ketika tidur.
  • Jangan pernah menidurkan bayi di kasur air, kasung angin, bantal atau bahan yang terlalu lembut dan membuat bayi tidak nyaman.
  • Ruangan bayi bebas dari asap rokok.
  • Jangan gunakan penutup kepala atau kupluk ketika bayi tidur, supaya tidak kepanasan.


Nah itulah ulasan tentang cara menidurkan bayi yang susah tidur malam atau siang hari. Dengan begitu Bunda bisa menidurkan bayi agar nyenyak sepanjang malam. Semoga dengan artikel yang sedikit ini dapat bermanfaat buat ayah dan bunda ya :)

Post a Comment for "Cara Menidurkan Bayi Usia 0 Bulan Sampai 1 Tahun"