Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

8 Cara Mengatur Keuangan Yang Baik Untuk Mewujudkan Impian, Begini Caranya ???

8 Cara Mengatur Keuangan Yang Baik Untuk Mewujudkan Impian - Bagi sebagian orang, dunia finansial atau keuangan merupakan hal rumit. Memakai kartu kredit, asuransi, dan yang lainnya. Mulai dengan  Cara Mengatur Keuangan. Dengan membentuk rencana keuangan sehingga bisa menguntungkan untuk masa depan. Memang awalnya sulit, tapi jika dijadikan kebiasaan tentu akan menguntungkan diri sendiri. 
 
https://pondoksehatsingkawang.blogspot.com/2020/12/cara-mengatur-keuangan-yang-baik.html

Salah satu cara mengurus finansial sendiri adalah dengan membiasakan untuk menyimpan beberapa persen dari penghasilan dan tidak berperilaku boros. Selain itu ada beberapa cara cerdas untuk menyimpan uang sehingga selalu ada sisa di akhir bulan. Beriku akan ada penjelasan menyimpan uang dengan cerdas.

Baca Juga : Anda Pemula dan Ingin Berinvestasi? Begini Cara Investasi Bagi Pemula

8  Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Kacau

Tidak semua orang bisa melakukan perilaku hemat. Apalagi masyarakat Indonesia memiliki angka tertinggi dalam hal konsumsi. Untuk itu diperlukan suatu perencanaan keuangan sehingga tidak habis sebelum tanggal gajian. Untuk itu, diperlukan  Cara Mengatur Keuangan sehingga ada sisa sampai gajian kembali.

  1. Singkirkan kartu kredit

Berbelanja memakai kartu kredit memang awalnya menyenangkan. Cukup memakai kartu, maka pembayaran untuk belanja akan terselesaikan. Namun tahukah bahwa adanya kartu kredit bisa merugikan diri sendiri. Karena kita tidak akan sempat untuk menghitung uang perbelanjaan. Sehingga di akhir bulan, pembayaran kartu kredit bisa membengkak. Untuk itu, singkirkan dari penggunaan kartu kredit.

  1. Lebih banyak memakai uang tunai

Setelah menyingkirkan kartu kredit,  Cara Mengatur Keuangan selanjutnya adalah lebih banyak memakai uang tunai. Memang membawa uang tunai lebih ribet dibandingkan dengan kartu kredit. Tapi ada beberapa keuntungan yang didapatkan dengan memakai uang tunai. Salah satunya bisa mengerem jumlah perbelanjaan.

Ketika berbelanja kita bisa membawa uang pas atau tidak terlalu berlebihan. Tujuannya adalah untuk menghindari pembelian barang lain yang bukan tujuan utama dari rumah. Dengan uang tunai, bisa berpikir jumlah besar yang harus dikeluarkan ketika berbelanja. Dan itu membuat diri sendiri berperilaku hemat.

  1. Berpikir jangka panjang

Dimulai dari sekarang, berpikirlah untuk menjadi jutawan. Karena seorang jutawan akan berpikir jangka panjang. Mereka melakukan  Cara Mengatur Keuangan dengan memiliki beberapa tabungan. Tujuannya adalah untuk memilah-milah beberapa pengeluaran mulai dari harian sampai tahunan. Mana pengeluaran yang mendesak dan pengeluaran yang bisa ditunda.

  1. Pikirkan kepentingan pribadi dahulu

Tidak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan menyenangkan diri sendiri dengan memenuhi kepentingan pribadi. Memang menabung sangat penting, namun sebelum melakukannya mulailah untuk memenuhi dahulu kepentingan diri sendiri. Misalnya peralatan mandi, makan, piknik, kesehatan, dan lain sebagainya.

  1. Mencari pendapatan lebih yang lain

Dua sumber lebih baik dibandingkan satu sumber. Artinya memiliki dua sumber penghasilan itu lebih baik.  Cara Mengatur Keuangan ini memang terlihat sulit. Tapi jika sudah terbiasa akan menemukan ritme waktu yang tepat untuk menjalankan dua sumber tersebut. Misalnya pekerja kantoran, di luar jam kerja dia bisa melakukan kerja lainnya. Seperti membuka toko online.

Dengan memiliki pekerjaan lain akan menambah pendapatan. Perlu diingat, meskipun ada dua sumber penghasilan bukan berarti pengeluaran juga lebih banyak. Artinya perlu adanya penambahan isi tabungan dari kedua sumber penghasilan.

  1. Memiliki simpanan otomatis

Seperti halnya memiliki dua sumber penghasilan, memiliki simpanan otomatis sangat diperlukan.  Cara Mengatur Keuangan ini sangat efektif dan tidak akan terjamah untuk kebutuhan lainnya. Simpanan ini bisa berupa tabungan di bank atau investasi.  Bagaimana cara memilikinya?

Simpanan otomatis merupakan simpanan dalam bentuk uang di bank atau investasi, seperti rumah, tanah, logam mulia, dan lain sebagainya. Banyak sekali macam tabungan online, sehingga busa memanfaatkannya tanpa harus antri di bank atau ATM. Sedangkan untuk investasi bisa membeli rumah, tanah, atau lainnya. Karena investasi tersebut memiliki nilai harga yang akan naik setiap tahunnya.

  1. Mengetahui prioritas kebutuhan

 Cara Mengatur Keuangan selanjutnya adalah mengetahui prioritas kebutuhan. Utamakan untuk kebutuhan pangan dahulu. Kemudian kebutuhan sendiri, misalnya kosmetik, peralatan mandi, dan lain sebagainya. Tidak usah membeli sesuatu yang mungkin tidak diperlukan untuk kedepannya. Misalnya tidak perlu membeli baju jika masih memiliki yang bagus.

  1. Lindungi dengan asuransi

Hidup bisa dikatakan sangat keras bagi yang kurang siap untuk menghadapinya. Persiapkan diri untuk untuk menghadapi hal-hal yang mungkin di luar prediksi. Kejadian yang di luar prediksi, kemungkinan akan mempengaruhi keuangan yang sudah diatur. Dan bisa saja akan memupuskan cita-cita atau mimpi yang dimiliki.

Oleh karena itu, diperlukan persiapan diri dengan mempunyai asuransi. Ada berbagai macam asuransi. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan prioritaskan pada aset yang paling penting, misalnya kesehatan. Mempunyai asuransi kesehatan bisa dikatakan sebagai  Cara Mengatur Keuangan yang akan menjaga dari hal-hal tak terduga.

Ada kalanya suatu hari membutuhkan uang dalam jumlah yang besar untuk keperluan, misalnya untuk mencapai tujuan di masa depan. Untuk itu, diperlukan beberapa simpanan dana yang tujuannya mengejar target yang ditentukan. Agar semua bisa berjalan dengan lancar, gunakan beberapa langkah menabung yang akan dijelaskan di bawah ini.

Langkah-Langkah Untuk Menyimpan Uang

Menabung bisa dilakukan sendiri di rumah atau disimpan di bank yang terpercaya. Yang mana akan dipilih tidak akan menjadi masalah, yang terpenting adalah pengendalian diri dan bersikap bijak. Artinya mengetahui kondisi keuangan dan cerdas dalam mengelola uang yang didapatkan setiap bulannya. Untuk itu ada beberapa langkah  Cara Mengatur Keuangan.

  1. Memiliki catatan pengeluaran

Hampir sebagian besar orang tidak menyadari sudah menghabiskan uang dan akan terheran kemana uangnya pergi. Agar tidak terjebak dalam situasi tersebut, biasakan membawa kertas kecil untuk mencatat pengeluaran dalam hal sekecil apapun. Misalnya di tengah perjalanan mengalami kehausan atau kelaparan maka membeli cemilan.

Memang itu pengeluaran yang kecil, namun jika sering dilakukan dan dikumpulkan maka akan diketahui betapa besarnya pengeluarannya hanya untuk cemilan. Untuk itu  Cara Mengatur Keuangan mencatat semua pengeluaran dari hal kecil sampai besar. Dan perlu mengevaluasi sendiri pengeluaran tersebut untuk mengurangi kebutuhan yang tidak penting.

  1. Menabung untuk pendidikan

Semakin lama biaya pendidikan semakin mahal. Untuk itu diperlukan tabungan pendidikan, terutama yang memiliki buah hati lebih dari satu. Yang pertama dilakukan adalah mencari informasi tentang sekolah yang akan dituju. Mulai dari biaya bulanan sampai dengan biaya lainnya yang berhubungan dengan sekolah. Jika sudah mengetahui dana tersebut, mulailah untuk menabung.

  1. Menabung untuk hari tua

Setiap manusia pasti menginginkan menjalani hari tua yang nyaman dan aman. Setelah tidak bekerja, pastinya pemasukan juga akan terhenti. Namun kebutuhan lainnya tetaplah berjalan, misalnya kebutuhan makan, kesehatan, rumah, dan lain sebagainya.  Cara Mengatur Keuangan melakukan simpanan sedikit demi sedikit setiap bulannya.

  1. Tetapkan tujuan

Tidak dapat dipungkiri, semua orang pasti memiliki tujuan atau mimpi yang ingin diwujudkan. Misalnya berlibur ke luar negeri bersama keluarga, sekolah sampai perguruan tinggi, dan sebagainya. Dari semua tujuan, buatlah prioritas yang ingin dicapai terlebih dahulu. Tetapkan waktu yang dibutuhkan untuk menyimpan uang sehingga memudahkan mewujudkan impian tersebut.

Baca Juga : Rahasia yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Melakukan Transaksi Pinjaman Dana Online

Itulah penjelasan  Cara Mengatur Keuangan dan langkah-langkah untuk memulai menabung. Yang terpenting dari semua itu adalah memiliki tujuan yang kuat untuk masa depan. Diskusikan dengan pasangan jika diperlukan. Karena dukungan bisa menambah semangat untuk bisa menyimpan sebagian penghasilan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "8 Cara Mengatur Keuangan Yang Baik Untuk Mewujudkan Impian, Begini Caranya ???"