Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh Susunan Acara Ulang Tahun yang Tidak Membosankan

Susunan acara ulang tahun

Susunan Acara Ulang Tahun - Kebanyakan anak-anak selalu menginginkan acara ulang tahun dirayakan bersama teman-temannya. Entah itu teman bermain ataupun teman sekolahnya. Dan tentunya sebagai orang tua berharap bahwa acara ulang tahun anaknya berjalan lancar dan meriah.


Acara ulang tahun biasanya dimulai sejak anak berumur 1-10 tahun, karena pada usia tersebut anak sudah mulai bermain dan berinteraksi dengan teman-temannya.


Oleh karena itu ketika Anda akan merayakan ulang tahun anak, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu susunan acara ulang tahun, tujuannya jelas supaya lancar dan meriah. Oleh karena itu susunan acara ulang tahun itu sangat penting.


Dalam rayakan acara ulang tahun anak, hal pertama yang jadi alasan ialah masalah tempat. Beberapa orangtua umumnya pikirkan apa harus dirayakan di dalam rumah atau sewa tempat di luar rumah seperti pada restaurant. Sesungguhnya, banyak posisi bagus yang bisa jadi tempat untuk rayakan acara ulang tahun anak seperti taman bermain, rumah makan, tempat rekreasi dan hotel juga bisa juga. Tetapi, seharusnya acara itu dirayakan di dalam rumah sendiri. Kenapa demikian? Sebab dengan menggunakan rumah sendiri bisa memberi edukasi yang lebih, dan dapat diadakan dengan simpel namun membahagiakan, asyik, dan tidak terlewatkan. Disamping itu dengan menggunakan rumah sendiri, beberapa orangtua dapat berkreatifitas sendiri berkenaan dekor dan susunan acaranya.


Keuntungan yang lain dapat didapat adalah, anak tersayang bisa lebih dekat dan bisa bermain sepuasnya dengan beberapa temannya. Tidak ada saat yang batasi. Berlainan jika acara perayaan ulang tahunnya dikerjakan di luar rumah, umumnya ada batasan waktu yang sudah dipastikan.


Susunan acara hampir sama dengan susunan acara perayaan ulang tahun anak biasanya, yang membandingkan hanya topik yang diputuskan hingga acara itu bisa lebih terancang. Tentang hal topik yang bisa jadi ide yakni "sayang mama papah". Topik ini cukup sesuai umur si anak, supaya kasih sayang anak dan orangtua bisa tersalurkan di acara perayaan ulang tahun itu.


Oleh karena itu, untuk membuat acara perayaan ulang tahun yang semarak dibutuhkan susunan acara yang pas, ingin tahu seperti apakah?


Nah pada artikel ini Anda akan belajar bagaimana cara membuat susunan acara ulang tahun untuk anak ataupun dewasa, serta beberapa contoh susunan acara ulang tahun di sekolah maupun di perusahaan. Yok langsung check penjelasan berikut ini!


1. Penyambutan tamu undangan oleh MC atau pembawa acara

Dalam satu acara MC terus di turut masukkan untuk membantu supaya acara itu bisa terselenggara sesuai keinginan. Yang bisa jadi MC bisa kakak sendiri agar lebih interaktif, atau bila tidak ada kakak, tetangga samping yang telah mengenal dekat sama si anak juga bisa saja jalan keluarnya seandainya tetangga itu siap.


Tamu undangan yang telah tiba disongsong oleh MC dan mempersilakan untuk duduk dan umumkan jika acara akan selekasnya berjalan. Umumnya tamu undangan terus bawa hadiah untuk si anak yang lagi berulang-ulang tahun, hadiah itu bisa dihimpun di sebuah lokasi yang telah dipersiapkan dan instruksi itu dapat diterangkan oleh MC.


2. Pembukaan acara

Acara perayaan ulangi tahun anak bisa dibuka oleh MC dengan memakai mikrofon. Dalam step ini, MC bisa buka acara dengan menerangkan berkenaan profile singkat si anak misalkan nama dan mencapai usia ke berapakah sekarang ini. Disamping itu, MC bisa ajak beberapa tamu undangan untuk mengobrol atau berhubungan dan membantu doa pembuka dengan arah supaya acara itu menjadi karunia dan bisa berjalan secara lancar.


3. Sambutan orangtua

Sesudah MC buka acara, MC bisa mempersilakan orangtua dari anak yang berulang-ulang tahun untuk memberikan sedikit sambutan. Isi dalam sambutan itu umumnya rasa sukur sebab anaknya sudah makin bertambah umur dan rasa sukur sebab tamu undangan sudi untuk datang dan menyemarakkan acara perayaan ulang tahun si anak itu. Sambutan tak perlu lama, sebab tamu undangannya beberapa anak dicemaskan akan jemu.


4. Keluarkan kue ulang tahun

Kue ulangi tahun yang telah disiapkan langsung bisa dikeluarkan dan dengan lilinnya. Kue ulangi tahun adalah lambang selaku perayaan acara ulang tahun. Beberapa orangtua dapat pilih kue ulang tahun yang besar atau yang kecil. Yang keluarkan kue ulang tahun bisa beberapa orangtua atau MC.


5. Menggunting kue dan tiup lilin

Sesudah kue dikeluarkan, MC bisa membantu si anak untuk menggunting kue dan tiup lilin. MC bisa mengingati si anak untuk make a wish lebih dulu. Sesudah lilin ditiup, si anak bisa menggunting kue ditolong dengan tangan orang tuanya. Pemangkasan kue bisa disertai dengan lagu Selamat Ulang Tahun dan Potong Kue, lalu disudahi dengan tepok tangan. Kemudian kue itu diberi pertamanya kali untuk orangtua, lalu dibagi ke tamu undangan.


6. Menyanyi

Supaya acara lebih semarak, si anak bisa memberi satu lagu yang disembahkan untuk orang tuanya. Lagu itu bisa disamakan dengan topik acara yakni "sayang mama papah". Contoh lagu yang bisa jadi rujukan adalah "misalkan saya punyai sayap". Arti dari lagu itu adalah hidup anak tak pernah terlepas dari pengorbanan orangtua.


7. Games

Supaya acara bertambah lebih tarik, pelaksana acara perlu banyak lakukan hubungan dengan tamu undangan. Misalnya dengan melangsungkan games supaya tamu undangan jadi terhibur. Games yang diselenggarakan bisa berbentuk ikat kata, menyanyi burung kakak tua yang hurufnya ditukar dengan "u". Dengan demikian acara akan bertambah lebih tarik dan semarak.


8. Makan-makan

Kecuali beberapa tamu undangan diberi potongan kue ulang tahun, MC bisa membantu tamu undangan untuk nikmati sajian yang sudah disiapkan. Sajian itu bisa berbentuk kue basah, kue kering atau pudding. MC dapat mengingati tamu undangan untuk buang sampah pada tempatnya dan jaga kebersihan.


9. Photo bersama

Tidak afdol rasa-rasanya jika dalam suatu acara tidak ada dokumentasi. Beberapa foto ini mencakup anak yang lagi berulang-ulang tahun, orangtua, dan beberapa tamu undangan. Sesion photo dapat dibantu oleh MC. Bila tamunya banyak, sesion photo bisa dipisah jadi 2-3 sesion supaya beberapa tamu kebagian untuk berpose bersama.


10. Penutupan dan doa

Sesudah rangkaian acara sudah dikerjakan, MC bisa tutup acara dengan berdoa. MC sampaikan pesan terima kasih yang sebagai wakil orangtua ke beberapa tamu undangan dan dilanjuti dengan berdoa bersama.


11. Bersalaman dan pembagian bungkusan

Sesudah acara ditutup. Beberapa undangan dipersilakan untuk bersalaman ke anak yang lagi berulang-ulang tahun dan orang tuanya. Dan diimbangi dengan pembagian bungkusan.


Dari keterangan di atas, mudah-mudahan berguna dan bisa jadi ide. Janganlah lupa untuk bikin rundown acara secara tercatat ya!

Post a Comment for "Contoh Susunan Acara Ulang Tahun yang Tidak Membosankan"