Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ini Dia 9 Cara mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Ini Dia 9 Cara mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros - Di zaman yang serba sulit seperti sekarang ini, di mana harga barang melonjak tinggi dan pendapatan berkurang.  Mau tidak mau, kita harus bisa mengatur keuangan untuk kebutuhan sehari-hari dengan sangat disiplin. Perlu strategi khusus dan Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga agar bisa bertahan hidup setiap bulannya. Apa dan bagaimana tipsnya? Berikut ulasannya. 

https://pondoksehatsingkawang.blogspot.com/2020/12/9-cara-mengatur-keuangan-rumah-tangga.html

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Dalam mengatur keuangan, hal yang paling mendasar adalah Anda harus memahami apa itu skala prioritas dan bisa membedakan mana yang benar-benar menjadi kebutuhan dan mana yang hanya keinginan saja. Lebih lanjut mari simak pembahasannya berikut ini.

Baca Juga : 8 Cara Mengatur Keuangan Yang Baik Untuk Mewujudkan Impian, Begini Caranya ???

  1. Buat Perencanaan Bulanan

Anda mungkin bisa saja menerima uang atau pendapatan secara harian, mingguan atau bulanan. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan perencanaan keuangan bulanan. Dengan membuat perencanaan bulanan terlebih dahulu, Anda akan tahu kebutuhan utama yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga ini juga akan mencegah Anda untuk bersikap boros atau belanja di luar kebutuhan bulanan tersebut. Membuat perencanaan bulanan dapat Anda susun di akhir bulan dengan mengingat-ingat kebutuhan di bulan lalu. Misalnya berapa pengeluaran untuk makan setiap hari dengan menu sederhana, namun bergizi. Atau berapa biaya untuk listrik, ledeng dan pulsa telepon.

Anda juga bisa memasukkan transport, tagihan hutang dan juga tabungan sebagai bagian dari perencanaan awal keuangan. Satu Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga ini efektif untuk membuat pengeluaran Anda di bulan berikutnya lebih terencana dan terukur.

  1. Buat Tabungan di Awal

Membuat tabungan di awal adalah wajib untuk Anda lakukan. Setidaknya sebelum mengeluarkan uang ke pos-pos yang telah disiapkan, Anda harus menyisihkan 10 sampai 20 %. Dengan menyisihkan tabungan di awal pengeluaran, Anda telah membuat langkah yang tepat untuk penghematan dan pengaturan keuangan sehari-hari.. 

  1. Catat Sedetail Mungkin

Penting bagi Anda untuk selalu mencatat sedetail mungkin pemasukan dan pengeluaran, sekalipun itu hanya 100 atau 200 rupiah. Jika diperlukan simpan juga seluruh nota belanja sebagai bukti yang bisa Anda lihat sewaktu-waktu di kemudian hari.

Hal ini juga bisa jadi catatan perbandingan harga, berapa harga suatu barang dari tahun ke tahun. Karena biasanya akan selalu ada peningkatan dan inilah yang harus Anda antisipasi.  Satu Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga ini wajib Anda lakukan untuk melatih ketelitian dan manajemen keuangan yang lebih besar.

  1. Buat Skala Prioritas

Skala prioritas ini harus selalu Anda buat, agar tidak ada barang yang dibeli tanpa ada maksud dan tujuannya. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan skala prioritas? Yang dimaksud dengan skala prioritas adalah ukuran yang Anda tentukan dalam menyusun daftar kebutuhan harian, mingguan atau bulanan.

Membuat skala prioritas juga dapat melatih Anda untuk lebih disiplin dalam pengeluaran keuangan. Anda bisa lakukan ini saat membuat perencanaan keuangan bulanan dan saat akan berbelanja.

  1. Pahami Antara Kebutuhan dengan Keinginan

Seringkali tanpa sadar kita sulit untuk membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang hanya keinginan. Padahal ini yang justru membuat pengeluaran kita menjadi membengkak atau tidak terkendali. Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga adalah kita paham apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan dalam sistem keuangan yang dibuat, terutama pengeluaran belanja.

Yang dimaksud kebutuhan adalah hal-hal yang memang menjadi kebutuhan dasar manusia, seperti sandang, papan, pangan. Sedangkan keinginan adalah segala sesuatu yang dianggap kurang, baik itu berupa barang atau jasa yang dipikirkan setelah kebutuhan dasar terpenuhi.

Keinginan sifatnya tidak mengikat atau harus terpenuhi karena itu hanya berupa nafsu pribadi. Misalnya ketika sedang pergi ke pasar, awalnya Anda hanya ingin belanja kebutuhan harian. Namun, saat di pasar ada toko yang sedang melakukan cuci gudang dengan promo diskon gede-gedean, Anda pun akhirnya masuk ke toko tersebut dan membeli baju yang sebenarnya tidak benar-benar Anda butuhkan.

  1. Selalu Membuat Perbandingan Ketika Belanja

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga adalah selalu membuat perbandingan terhadap harga barang yang akan dibeli. Hal ini agar Anda dapat menghemat pengeluaran. Walaupun perbedaan harganya hanya 500 rupiah, namun jika ada 10 item barang, maka Anda telah berhasil menghemat pengeluaran sebesar 5000 rupiah, lumayan bukan?

Keuntungan dari membuat perbandingan harga adalah Anda jadi tahu toko mana yang menjual barang-barangnya lebih murah dibanding yang lain. Selain itu, Anda juga dapat menilai suatu produk yang sama, namun dijual dengan harga yang berbeda.

Sayangnya ketika Anda harus membandingkan harga barang yang satu dengan lainnya, Anda akan membutuhkan waktu lebih lama dalam berbelanja. Namun, tentunya Anda juga telah menyediakan waktu khusus dan memperkirakan berapa lama Anda berbelanja.

  1. Barang Promo Lebih Hemat

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga selanjutnya adalah saat sedang berbelanja, ada baiknya memang Anda mencari atau membeli barang-barang yang sedang promo. Selain lebih murah, ini bisa menghemat pengeluaran Anda. Walaupun Anda harus teliti dalam memilih barang promo, karena bisa jadi barang promo tersebut kualitasnya kurang bagus. 

Namun, memanfaatkan barang promo atau yang sedang diskon bukanlah hal yang buruk, terlebih jika di momen-momen tertentu seperti lebaran. Karena saat itu, semua harga yang tanpa promo biasanya dijual dengan sangat mahal. Daripada membeli barang tanpa diskon, namun kualitasnya sama dengan barang diskon, masih lebih baik membeli barang yang ada diskonnya, bukan?

  1. Jangan Tergoda

Satu Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga ini mungkin agak berat untuk para ibu rumah tangga. Namun, tetap harus dilakukan agar keuangan rumah tangga tidak tiba-tiba jebol, gara-gara Anda selalu tergoda ketika berbelanja. Saat berbelanja cobalah untuk membeli barang sesuai kebutuhan saja atau dari catatan yang telah dibuat.

Menahan godaan memang sulit, apalagi jika barang tersebut adalah barang yang Anda sangat inginkan sejak lama. Namun, Anda bisa merencanakannya terlebih dahulu, jika memang barang tersebut sangat Anda butuhkan. Dengan begitu, pengeluaran Anda saat belanja akan aman terkendali.

  1. Cari Tambahan Penghasilan

Jika semua cara di atas telah Anda lakukan, dan Anda masih saja kesulitan untuk mengatur keuangan dan pengeluaran sehari-hari. Maka, itu berarti saatnya Anda mencari penghasilan tambahan. Mungkin kebutuhan Anda memang masih belum tercukupi dan pengeluaran Anda lebih besar daripada pemasukan.

Baca Juga : Anda Pemula dan Ingin Berinvestasi? Begini Cara Investasi Bagi Pemula

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga ini akan tetap sulit dilakukan jika keuangan Anda memang terbatas dan masih sangat kekurangan. Untuk itu, tak ada solusi lain yang terbaik selain mencari penghasilan tambahan. Anda bisa mulai membuka usaha rumahan atau membuat jajanan anak-anak yang dijual ke sekolah-sekolah. Masih banyak usaha lain yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan.

Demikian Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang dapat Anda lakukan untuk menghemat dan merencanakan masa depan lebih baik. Kunci sukses dalam mengatur keuangan sehari-hari adalah Anda harus bisa disiplin dalam menjalaninya. Tanpa kedisiplinan yang tinggi, maka semua usaha yang Anda rancang akan sia-sia belaka.

Post a Comment for "Ini Dia 9 Cara mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros"